TANTANGAN DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PJBL SELAMA PANDEMI: SEBUAH STUDI DI SMPN 2 MATARAM

  • Hayatunufus Universitas Mataram
  • Lalu Thohir Universitas Mataram
  • Kurniawan Apgrianto Universitas Mataram
  • Rizki Kurniawan Universitas Mataram
Keywords: PjBL, challenges, problems, Covid-19 pandemic

Abstract

Kondisi proses belajar mengajar selama terjadinya pandemi covid-19 memaksa para guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring) untuk mengurangi interaksi fisik. Penelitian ini dilakukan untuk menguak tantangan dan masalah yang munbul yang dialami para guru dalam mengimplementasikan model belajar berbasis proyek (PjBL). Terdapat 6 orang guru bahasa Inggris dari SMPN 2 Mataram yang menjadi responden dalam penelitian kali ini. Data diambil dengan melakukan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara terlibat langsung dalam pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh semua responden menggunakan fasilitas aplikasi pembelajaran jarak jauh seperi Google classroom ataupun zoom. Aplikasi sosial media seperti WhatsApp group juga dilakukan. Wawancara dilakukan secara langsung untuk menggali informasi dari para responden untuk mendapatkan gambaran rinci tentang pengalaman mereka saat mengimplementasikan PjBL secara daring. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada 6 tantangan dan 6 masalah. Enam tantangan yang yang dimaksud adalah:1) Tersedianya fasilitas siswa untuk mengikuti PJJ; 2) Kesiapan guru dan fasilitas penunjang PJJ di sekolah; 3) pertimbangan kesehatan selama pandemi; 4) kepastian kelancaran diskusi antar siswa; 5) Meningkatnya kemampuan berbahasa dengan prinsip kolaboratif; 5) pemerataan partisipasi sista.

Published
2022-06-30
How to Cite
Hayatunufus, Thohir, L., Apgrianto, K., & Kurniawan, R. (2022). TANTANGAN DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PJBL SELAMA PANDEMI: SEBUAH STUDI DI SMPN 2 MATARAM. JURNAL LISDAYA, 18(1), 90-97. Retrieved from http://lisdaya.unram.ac.id/index.php/lisdaya/article/view/73