PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KAIDAH KEBAHASAAN BERBASIS TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • I Nyoman Sudika Universitas Mataram
  • Mochammad Asyhar Universitas Mataram
  • Baiq Wahidah Universitas Mataram
  • Wika Wahyuni Universitas Mataram

Abstrak

Rendahnya penguasaan terhadap kaidah kebahasaan bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama menjadi hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pembelajaran klasifikasi kaidah kebahasaan dalam pembelajaran dan mendeskripsikan pola pengembangan pembelajaran kaidah kebahasaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks di SMPN se-Kabupaten Lombok Barat. Data penelitianini dikumpulkan melalui dokumen, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden. Data dikumpulkan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Penganalisisan data menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan content analysis atau kajian isi. Berdasarkan pembahasan dapat dikemukakan bahwa pembelajaran kaidah kebahasaan dilakukan sesuai dengan jenis teks yang disampaikan pada saat itu. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran kaidah kebahasaan menunjukkan bahwa cara penyampaiannya di kelas pada setiap sekolah sudah tentu berbeda-beda atau sangat variatif. Pembelajaran kaidah kebahasaan disesuaikan dengan jenis pembelajaran teks yang diajarkan. Dalam pengembangan pembelajaran kaidah kebahasaan di SMP terdapat 7 teknik yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah: (1) Teknik pelesapan atau penghilangan, (2) teknik penggantian atau substitusi, (3) Teknik perluasan atau pengembangan (4) Teknik penyisipan atau penambahan (5) Teknik pembalikan atau pertukaran, (6) Teknik pengubahan atau berubah bentuk, dan (7) Teknik pengulangan, reduplikasi.

Diterbitkan
2023-12-20