ANALISIS KESALAHAN BENTUKAN KATA DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-interpretatif karena tujuannya untuk: mendeskripsikan kesalahan bentukan kata yang terdapat pada Buku Paket Bahasa Indonesia SMA yang disusun berdasarkan K-13. Teori yang digunakan adalah teori analisis kesalahan berbahasa yang dikemukakan Tarigan (1990:68); Pateda (1989: 32) dan Hastuti (1989:79-80). Data diperoleh dari buku paket pegangan siswa untuk SMA. Data dikumpulkan dengan “metode simak, dibantu dengan teknik catat. Setelah data terkumpul, selanjutnya, data diklasifikasi dan dianalisis berdasarkan bentuk dasar, dan bentuk turunannya. Hasil analisis, ditemukan kesalahan bentukan kata dalam kalimatnya. Misalnya, kata yang berasal dari kata bahasa asing ketika dibubuhi afiks me- terjadi bentukan kata, ngeprint, mengeprint, memprint. Penulisan unsur kata bahasa asing, on time seharusnya on time, penulisan kata kerjasama seharusnya kerja sama. Penulisan kata yang beragam seperti itu tentu dapat membingungkan pembaca. Saran, sebelum buku beredar luas sebaiknya buku dicermati dan diedit sesuai dengan kaidah bentukan kata dan penulisan kata.